PELAYANAN KELILING DISDUKCAPIL KABUPATEN BANDUNG DI DESA CIBEUREUM

PELAYANAN KELILING DISDUKCAPIL KABUPATEN BANDUNG DI DESA CIBEUREUM

Sekretaris Desa Cibeureum, Agus Candra Ningrat dan Perwakilan Masyarakat foto bersama memperlihatkan Akta Kelahiran yang baru di cetak oleh petugas Disdukcapil Kabupaten Bandung di halaman Kantor Desa Cibeureum

Penulis : Rizki Ahmad Fauzi

KIM PANTES - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung kembali melaksanakan pelayanan keliling dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Sesuai dengan jadwal, Senin (10/2) mobil pelayanan keliling disdukcapil ini mendatangi Desa Cibeureum. “Untuk pelayanan keliling sekarang, pihak Disdukcapil sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Cibeureum dengan menyediakan pelayanan Akta Kelahiran dan pencetakan e-KTP” ujar Kasi Pemerintahan Desa Cibeureum, Dian Wahyudin.


Untuk menyiasati membeludaknya pelayanan pada hari H, pihak Pemerintah Desa Cibeureum jauh-jauh hari sudah membagikan formulir akta kelahiran. Hal ini terpantau melalui Fanpage Facebook resmi Desa yang memposting beberapa hari sebelumnya agar masyarakat Desa Cibeureum menyiapkan persyaratan pembuatan Akta disertai dengan membawa formulirnya dari Kantor Desa.


“Jika melihat kegiatan pelayanan keliling disdukcapil sebelumnya, banyak sekali warga yang riweuh saat pembuatan akta kelahiran. Hal ini sejatinya berdampak pada banyaknya pengajuan akta kelahiran warga yang ditolak karena kurang lengkapnya persyaratan. Tentunya hal ini disebabkan karena proses pengisian formulir yang begitu singkat dan kami tidak ingin hal ini terjadi lagi” lanjut Dian.


Senada dengan Dian, Ujang Wahyu, warga Kp. Cintakarya Desa Cibeureum, merasakan pembagian formulir sebelum hari H sangatlah membantu. “sebelum mendapatkan formulir, kami mendapatkan edukasi terkait pembuatan akta kelahiran agar tidak ditolak seperti sebelumnya. Selain itu kami pun memiliki waktu untuk mengumpulkan persyaratan secara lengkap dan mengisi formulir dengan benar” tutur Ujang.


Pada pelayanan keliling ini, antusiasme warga sangatlah tinggi. Hal ini terlihat dari riuhnya antrian warga, baik itu di bagian pencetakan e-KTP maupun akta kelahiran. “untuk pencetakan e-KTP lebih dari 150-an, sedangkan untuk akta kelahiran sekitar 180-an” ujar Dian.


Dalam kesempatan ini, Dian selaku Pemerintah Desa Cibeureum mengucapkan terima kasihnya terhadap pelayanan keliling Disdukcapil ini. “Kami sangat berterimakasih sekali kepada Disdukcapil Kabupaten Bandung. Hal ini sangatlah membantu masyarakat Desa Cibeureum karena untuk pembuatan akta kelahiran tidak perlu jauh-jauh berangkat ke Soreang” pungkas Dian.

Dipost Oleh Cibeureum

Post Terkait

Tinggalkan Komentar