Kades Dukuh Berikan KIM dilatih Menulis, Kampung Duren Wujudkan 1000 Kampung

Kades Dukuh Berikan KIM dilatih Menulis, Kampung Duren Wujudkan 1000 Kampung

Usai Pelatihan poto bersama peserta dengan kepala desa, pendamping SID, Forum Kim Kab. Bandung. Bermitralah dengan KIM.

Dukuh - Dalam upaya mewujudkan pembangunan Nasional, Kepala Desa Dukuh libatkan kaum Milenial turut serta berkontribusi terhadap pembangunan Nasional. Melalui pemberdayaan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Informasi Masyarskat (KIm) Madani. Kaum milenial ini di berikan pembinaan sekaligus pelatihan agar menjadi berdaya, dilatih menulis artikel, diberikan pemahaman cara menggunakan android yang positif dan website libatkan Diskominfo Kab.Bandung.

Kepala Desa Dukuh Yanto Erawanto mengakatakan, pelatihan ini dipandang perlu agar mereka kaum milenial tidak salah kaprah dalam menggunakan android, selain itu mereka juga harus bisa membedakan mana informasi yang benar, bijak dalam ber media sosial. Disamping itu dengan adanya KIM ini sangat setelah dipahami bernilai positif bisa memberdayakan masyarakat bisa menggali potensi unggulan di setiap RW bisa terangkat," selanjutnya kata Ketua Apdesi Kecamatan Ibun ini.

"Nah, dengan adanya KIM ini justru menguntungkan, bisa membantu pemerintah desa sebagai teman atau mitra dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, bisa meng handle penyebaran berita bohong," terang Yanto yang akrab disapa Atot.

Ia berharap dengan adanya KIM ini mampu bersinergis dengan pemerintahan, juga terus berkarya agar mampu menonjolkan potensi-potensi yang ada di desa dukuh. Tentu dengan adanya KIM harus memberikan nilai positif bagi pemerintah dan pemanfaatan informasi bagi masyarakat lebih cepat dalam penyamapaiannya, "pintanya.

Bagi desa yang belum membentuk KIM segerakan agar tidak ketinggalan, karena kalau betul diberdayakan akan sangat membantu terhadap laju nya roda pemerintah, " ujarnya.

Sementara Itu Ketua KIM Madani Teti Pitriyanti menjelaskan, kegiatan pelatihan ini terselenggara berkat dukungan pemerintah desa, terutama kepala desa yang mensuport kaula muda sehingga kegiatan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan sebanyak 30 orang terdiri dasri 13 RW, 6 Dusun. Adapun pelatihan ini di laksanakan dengan tujuan agar pengurus KIM bisa menulis berita yang akan di tampilkan di website desa juga website kimonline di bawah Diskominfo Kab. Bandung. Menghadirkan Nara sumber dari pendamping Sistem Informasi Desa Bapak Hadi dan ketua Forum KIM Kab. Bandung.

" Kan sayang, website-nya sudah ada, tinggal cara pemanfaatanya, pemerintah sudah memberikan fasilitas, kalau tidak digunakan mubajir, " imbuh Teti.

Ketua Forum KIM Kab. Bandung Atep Kusman menegaskan, melihat apresiasi peserta yang begitu antusias, optimis bahwa KIM madani akan bisa mengejar ketertinggalan dengan KIM yang sudah maju lebih dulu, terlebih setelah berkoordinasi dengan kepala desa yang responya sangat mengapresiasi tentu akan melahirkan kader KIM yang militan.

Dikatakan sangat mengapresiasi, terjawab dengan direalisasikan dengan bentuk pelatihan cara menulis dengan rumus 5W+1H, pengurus KIM dituntut harus bisa menulis artikel, dengan tujuan supaya bisa menampilkan potensi di setiap RW, pasti akan berbeda. "Nah, dengan adanya KIM akan ketahuan potensi unggulanya apa saja," katanya.

Ketua meminta, KIM harus bisa menjalin hubungan baik dengan pemerintah, terutama pemerintah desa, sampai pusat agar informasi dari pemerintah diterima oleh masyarakat dengan cepat, karena kewenangan KIM saat ini mengelola, menyampaikan informasi, baik dari pemerintah atau pun sebaliknya.

Atep berharap, adanya KIM ini harus dapat membantu mendorong tata kelola pemerintah an sebagai penguatan, terkait dengan penyampaian informasi secara baik yang bersifat informasi, maupun layanan publik.

"KIM harus mampu mendongkrak potensi yang ada di desa, misalkan Kepala Desa Dukuh Ciftakan Kampun Duren mendukung program 1000 Kampung, " ucap Atep.

Dengan turut serta membantu meng informasikan, ini akan berpengaruh terhadap pemberdayaan masyarakat, meningkatnya daya beli masyarakat sehingga mampu mendongkrak roda perekonomian masyarakat," pungkasnya.

Hampir senada disampaikan Hadi, bahwa KIM diberikan kewenangan dalan menggunakan Website SID di penyajian informasi dan penulisan berita saja, adapun selebihnya menjadi kewenangan desa. Namun apabila KIM dipercaya dalam menggunkan aplikasi SID itu akan lebih efektif terutama dalam optimalisasi penyampaian informasi melalui layanan SID ini kim lebih tepat.

Terlebih pengurus KIM saat ini telah dilatih untuk penulisan berita dan penggunaan website kimonline. "saya berharap Dukuh tahun depan menjadi juara," sebutnya saat menjadi nara sumber cara penggunaan website di aula kntor desa dukuh.

Post Terkait

95 Komentar

  1. livr sex cams [url=https://sexcams00.space]sexcams00.space[/url] hidden sex spy cams.

  2. free live sex cams no credit card [url=https://sexcams00.work]sexcams00[/url] free live sex cams gangbangs.

  3. secret sex cams [url=https://sexcams00.work]sexcams00[/url] nude sex live cams.

  4. free male sex cams [url=https://sexcams00.live]sexcams00.live[/url] first sex cams.

  5. xxx live sex cams [url=https://sexcams00.xyz]sexcams00[/url] live streming sex cams.

  6. free hot sex cams [url=https://sexcams00.space]sexcams00.space[/url] you tube aptment sex cams.

Tinggalkan Komentar